Manfaat Minyak Kacang Bagi Kesehatan Jantung Yang Mengejutkan

Manfaat Minyak Kacang Bagi Kesehatan Jantung Yang Mengejutkan,- Apa itu minyak kacang? Merupakan minyak nabati yang berasal dari biji tanaman kacang tanah. Banyak jenis minyak kacang dan dibuat dengan teknik yang berbeda-beda diantaranya minyak kacang halus, minyak kacang gourmet dan campuran minyak kacang tanah dengan minyak keledai dengan kegunaan untuk menggoreng makanan. Berdasarkan fungsinya minyak kacang mengandung sejumlah gizi yang sangat bagus karena hanya mengandung lemak jenuh sebesar 20%.

Manfaat Minyak Kacang Bagi Kesehatan Jantung Yang Mengejutkan

Dan memiliki kandungan vitamin E cukup banyak yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas serta mengurangi risiko penyakit jantung. Terlebih vitamin E ini juga cukup efisien untuk melindungi tubuh dari virus, bakteri dan sistem imun agar tetap kuat. Ini sangat penting karena dapat mempromosikan pembentukan sel darah merah, pensinyalan sel serta mencegah pembekuan darah. Sebuah analisis lain mengatakan bahwa 17% manfaat minyak kacang bisa digunakan sebagai solusi mengobati berbagai penyakit kronis yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular, salah satunya jantung. Dan inilah manfaat minyak kacang bagi kesehatan jantung yang mengejutkan

Manfaat Minyak Kacang Bagi Kesehatan Jantung Yang Mengejutkan

Minyak kacang mengandung lemak baik yang disebut dengan monounsaturated (MUFA) dan polyunsaturated (PUFA) yang mana keduanya bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantung.  Sebuah penilaian besar yang telah dilakukan pun mengungkapkan bahwa mengurangi asupan lemak jenuh dan meningkatkan lemak tak jenuh tunggal bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 30%. Bahkan menurut 15 penelitian sudah merangkum bahwa mengurangi lemak jenuh dalam makanan tidak akan berpengaruh pada penyakit jantung kecuali menggunakan minyak kacang karena bisa mengatasi penyakit jantung kronis.

Tidak cukup sampai disitu, mereka pun sepakat untuk menjadikan minyak kacang sebagai solusi alami untuk diabetes juga. Karena mampu memperlambat penyerapan gula di saluran pencernaan dan menimbulkan kenaikan gula darah yang cukup lambat. Meski menyehatkan namun tampaknya minyak kacang ini tidak luput dari risiko buruk. Inilah beberapa risiko buruk dari minyak kacang bagi kesehatan.

Inilah risiko dari minyak kacang yang cukup potensial :

  • Tinggi lemak asam omega-6. Lemak ini memang bagus untuk kesehatan, namun asupan asam lemak omega-6 yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh seperti jantung, hati, ginjal dan usus. Akibatnya organ-organ tersebut tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jadi, kalau mau konsumsi minyak kacang, silakan secukupnya saja sesuai kebutuhan. Pastikan juga kalau kamu sudah mengetahui dosis yang pas untuk pengonsumsiannya supaya tidak berlebihan.
  • Terancam oksidasi. Yaitu sebuah reaksi zat dan oksigen yang bisa membentuk radikal bebas. Proses ini biasanya terjadi pada lemak tak jenuh dan tidak bisa bertahan dengan oksidasi.

Intinya kita bisa mengkonsumsi minyak kacang untuk mengurangi risiko penyakit jantung, tetapi tidak dianjurkan mengkonsumsi lebih banyak dari dosis yang dianjurkan karena minyak ini juga memiliki kandungan omega-6 yang kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Beli via WhatsApp