Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mudah dan Efektif Mencegah Penyakit Endometriosis

Cara Mudah dan Efektif Mencegah Penyakit Endometriosis,- Endometriosis merupakan penyakit berbahaya yang menyerang sistem reproduksi wanita. Kondisi ini muncul akibat adanya jaringan abnormal yang tumbuh diluar rahim, lebih tepatnya di bagian ovarium/usus. Gejala penyakit endometriosis cukup mudah dikenali dan paling umum adalah pendarahan berat dan sakit ketika melakukan hubungan seksual. Sejauh ini penyebab pasti dari endometriosis masih belum dapat dipastikan. Namun ada beberapa faktof yang memengaruhi timbulnya penyakit ini. Salah satunya adalah asupan makanan, ya di zaman yang semakin canggih banyak produsen mengemas makanan menjadi lebih praktis.

Cara Mudah dan Efektif Mencegah Penyakit Endometriosis

Bahkan mereka menyajikan makanan dengan sangat instan sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi mengolahnya. Benar sekali, dengan mengkonsumsi makanan cepat saji kamu tidak perlu sibuk menyiapkan makanan, namun apakah kamu pernah memerhatikan bahaya yang mengintai? Bukan bermaksud menyudutkan, akan tetapi alangkah baiknya jika kamu lebih teliti lagi dalam memilih jenis makanan, sebab jika lalai sedikit saja tubuhmu bias jadi korbannya. Adapun cara mudah dan efektif mencegah penyakit endometriosis diantaranya berikut ini. ↵

Cara Mudah dan Efektif Mencegah Penyakit Endometriosis

Melakukan pencegahan itu penting karena mampu menjaga tubuh dari penyakit. Semua penyakit di dunia ini pasti bisa dicegah, jika kamu pandai melakukannya. Seperti penyakit yang sedang dibahas ini, contohnya. Endometriosis sangat berpengaruh sekali pada aktivitas yang dilakukan wanita setiap harinya, bahkan endometriosis disebut-sebut mampu menurunkan kualitas hidup seorang perempuan, maka dari itu kamu harus pandai merawat diri. 

1. Tingkatkan asupan lemak omega-3

Omega-3 dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang dialami penderita endometriosis. Meski bagus tapi tidak semua jenis makanan harus dikonsumsi ya, hanya ada beberapa saja yang cocok untuk dimakan diantaranya ikan salmon, telur ayam dan bebek, sayur bayam serta kacang-kacangan. Selain makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari. Meski omega-3 bagus untuk kesehatan namun untuk penderita endometriosis, hal ini kurang disarankan sebab terlalu banyak kandungan omega-3 dalam tubuh dapat menyebabkan rasa nyeri semakin memburuk.

2. Kurangi asupan daging merah

Memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi itu sangat penting karena sebagian kandungan dari makanan dapat memengaruhi hormon prostaglandin pada tubuh wanita. Seperti yang diketahui, meningkatnya hormon prostaglandin bisa menyebabkan produksi estrogen lebih tinggi juga hingga pada akhirnya berdampak pada pertumbuhan jaringan endometrium. Adapun makanan yang paling harus dihindari adalah daging merah, daging merah mengandung tinggi protein, jika dikonsumsi terlalu banyak akan berimbas pada hormon prostaglandin yang bisa memicu tumbuhnya endometriosis.

3. Batasi asupan kafein

Kamu wanita pecinta kopi? Sebaiknya hentikan kebiasaan ngopi kamu sekarang juga. Berdasarkan ilmu kesehatan menjelaskan bahwa terlalu banyak asupan kafein dapat menyebabkan munculnya penyakit endometriosis. Hal ini dikarenakan kafein terbukti sebagai salah satu faktof yang memengaruhi terciptanya penyakit endometriosis. 

4. Hindari stress

Risiko terserang penyakit endometriosis akan semakin besar jika wanita sering mengalami stres. Maka dari itu lebih pandailah dalam mengelola stres agar kamu terhindar dari penyakit. Untuk belajar mengolah stres, kamu bisa memulainya dari relaksasi. Ubah juga pola hidup buruk yang sering anda jalani saat ini, jadikan kebiasaan baru sebagai salah satu usaha untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Cara mudah dan efektif mencegah penyakit endometriosis yang terakhir adalah dengan menikmati kedelai. Selama ini, banyak orang yang mengira bahwa kedelai sangat buruk untuk penderita endometriosis karena mengandung tinggi fitoestrogen. Padahal sebenarnya kedelai bersifat sebaliknya, kedelai bagus untuk menghalangi efek estrogen dan mengecilkan risiko terjadinya penyakit endometriosis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Beli via WhatsApp