Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Inilah Hal Yang Harus Bunda Lakukan Jika Anak Mengalami Pilek

Inilah Hal Yang Harus Bunda Lakukan Jika Anak Mengalami Pilek,- Hidung tersumbat pada bayi merupakan suatu kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Kenapa tidak? Anak yang tadinya selalu ceria, kini berubah rewel dan mengalami kesulitan untuk tidur akibat lendir yang bersarang di hidungnya. Beberapa orangtua, pasti akan menggunakan nasal aspirator sebagai solusinya. Alat menghisap lendir tersebut memang efektif untuk melegakan hidung tersumbat yang diderita sang anak.

Namun terlalu sering menggunakannya dapat membuat hidung bayi mengalami infeksi. Hal ini terjadi tidak lain karena bahan plastik yang digunakan dalam proses pembuatan nasal aspirator tersebut. Itulah sebabnya mengapa anda dianjurkan untuk lebih menggunakan cara tradisional ketimbang harus memasukkan alat asing ke dalam hidung si kecil. Lalu cara alami paling efektif seperti apa yang bisa mengatasi pilek atau hidung tersumbat pada bayi? Inilah hal yang harus bunda lakukan jika anak mengalami pilek.


Inilah Hal Yang Harus Bunda Lakukan Jika Anak Mengalami Pilek


Sistem kekebalan tubuh yang belum tercipta dengan sempurna, membuat bayi sangat rentan terhadap gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit ringan hingga serius, bisa dengan mudah hinggap di tubuh mungilnya. Pilek pada bayi biasanya ditandai dengan keluarnya ingus dari dalam hidung dengan warna jernih seperti air minum. Dalam kondisi tersebut, anak umumnya masih bisa bermain dengan normal dengan teman sebayanya. Namun, jika pilek yang dialami sudah berlangsung lama dan menyebabkan ketidaknyamanan, di sinilah anda sebagai orangtua mulai berperan. Tindakan apa yang dapat diperbuat?  Inilah hal yang harus bunda lakukan jika anak mengalami pilek.Inilah Hal Yang Harus Bunda Lakukan Jika Anak Mengalami Pilek

Memberikan ASI

ASI ekslusif sangat berperan dalam mengatasi pilek pada bayi, hal ini dikarenakan ASI mengandung sejumlah nutrisi alami sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya lebih kuat. Oleh karena itu jika si kecil terserang flu sebaiknya bunda kasih ia ASI saja, jangan langsung diberi obat. Seperti yang diketahui, penggunaan obat flu untuk bayi kurang dianjurkan mengingat usianya yang masih sangat kecil. Apalagi jika bayi yang baru lahir, kebiasaan ini lebih disarankan. Karena selain bagus untuk meredakan hidung tersumbat, ASI juga bisa melembabkan selaput dan saluran napas pada bayi, melancarkan sumbatan pada hidung serta mengencerkan ingus supaya mudah dikeluarkan.

Cobalah untuk menggunakan bawang merah

Tidak hanya bermanfaat untuk melezatkan makanan, bawang merah juga berkhasiat melegakan pilek pada bayi. Ini dikarenakan bawang merah mengandung banyak zat antioksidan yang mampu membasmi virus serta bakteri. Bahkan kandungan Flavon glikosida dalam bawang merah telah terbukti mampu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri pada saluran napas. Cara penggunaannya pun cukup gampang, potong bawang merah kemudian gosok secara halus pada bagian punggung bayi. Jangan terlalu lama dan pakai secukupnya. 

Mengubah posisi tidur

Agar bayi mendapatkan kenyamanan ketika tidur, Anda sebagai orangtua bisa mengubah posisinya. Hal ini juga sering disarankan oleh beberapa dokter anak karena terbukti mampu melegakan hidung tersumbat. Lebih tepatnya, bunda bisa meletakkan si kecil di kasur dengan posisi terlentang. Pastikan bagian kepalanya lebih tinggi dari dada, hal ini sangat bermanfaat karena dapat membuat si kecil lebih mudah bernapas. 

Nah, inilah yang harus bunda lakukan jika anak mengalami pilek. Apabila anda sudah mencoba pengobatan diatas namun sama sekali tidak membuahkan hasil, segera berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Terlebih jika anak mengalami demam, tidak mau makan dan minum. Maka anda harus lebih waspada!

Posted By : Agenqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Beli via WhatsApp