Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia,- Pada dasarnya, darah manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu plasma dan seluler. Nah, dibagian seluler inilah berbagai sel bisa ditemukan, salah satunya adalah sel darah merah. Fungsi utama sel darah merah tidak lain sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan mengirimkan karbondioksida ke paru-paru. Anemia merupakan kondisi dimana sel darah merah tidak mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ada beberapa jenis anemia berdasarkan penyebabnya, entah itu kelebihan atau kekurangan zat besi. Anemia tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Apa yang menyebabkan seseorang terkena anemia?

Menurut seorang ahli medis, penderita celiac merupakan satu dari sekian banyak yang berpotensi mengembangkan penyakit anemia. Hal ini dikarenakan penderita gangguan usus mampu memengaruhi penyerapan nutrisi pada usus kecil, hingga akhirnya tubuh tidak bisa menyerap zat besi lebih banyak dari yang dibutuhkan. Selain penyakit seliac, faktor keturunan juga turut berpengaruh pada kondisi ini. Jika salah satu anggota keluarga anda mengidap anemia makan kamu juga berisiko mengalaminya. Apa yang biasa dirasakan oleh penderita anemia? Gejala umum dari penyakit anemia tidak lain adalah kelelahan dan pusing.

Penyerapan zat besi terkadang juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah makanan yang sering kita konsumsi. Oleh karena itu, penderita anemia tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Adapun berbagai makanan yang baik untuk penderita anemia adalah jeroan dan hati ayam, daging sapi, ikan, telur, serta seafood. Memperbanyak asupan vitamin C juga dapat mempercepat penyerapan zat besi yang dibutuhkan. Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi penderita anemia. Apa saja makanannya? Inilah makanan yang wajib dihindari oleh penderita anemia.


Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

Sebagaimana yang diketahui bahwa makanan selalu memiliki peranan penting terhadap beberapa kesehatan. Anemia, merupakan salah satu kondisi yang cukup dipengaruhi oleh makanan. Kenapa? Sebagian besar dari kita terkadang cuek pada apa yang dikonsumsi, padahal sebenarnya dari kebiasaan sepele tersebutlah penyakit bermula.

Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

  • Hindari tanin

Tanin merupakan zat yang bisa ditemukan dalam berbagai makanan seperti teh hitam, anggur, dan jagung. Tanin mampu menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh maka dari itu, makanan yang mengandung tanin sangat tidak disarankan bagi penderita anemia. Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

  • Kurangi sereal/gandum

Di dalam sereal dan gandum terdapat kandungan gluten yang bisa menghalangi proses pembentukan zat besi. Jika penyerapan zat besi secara terus menerus terhambat maka tidak menutup kemungkinan penyakit anemia yang anda derita akan semakin parah. Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

  • Hindari beras merah

Mengkonsumsi beras merah memang bagus untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, tidak bagi mereka yang menderita anemia. Hal ini dikarenakan dalam beras merah terdapat kandungan sejumlah asam fitat yang mampu mengikat zat besi sehingga dapat mengganggu proses penyerapan.

  • Kurangi minum kopi

Kopi memang bermanfaat bagi kesehatan, tak bisa dipungkiri pula jika kopi bagus untuk mengatasi berbagai penyakit. Tapi sayang, bagi penderita anemia ini tidak disarankan karena bisa membuat penyakit semakin parah dan sulit disembuhkan. Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

  • Cokelat murni

Sama seperti kopi. Di dalam cokelat juga terdapat kandungan kafein yang cukup tinggi, jika dikonsumsi oleh penderita anemia maka akan berakibat buruk. Ini berlaku jika cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat murni sebab cokelat fermentasi cenderung memiliki asupan kafein sedikit karena sudah hilang akibat proses fermentasi.

  • Jangan salah memilih program diet

Apa kamu juga sering melakukan diet? Tidak ada yang melarang penderita anemia untuk melaksanakan program diet. Hanya saja, kamu harus lebih pintar dalam menentukan jenis diet yang akan dipilih. Untuk pengidap anemia akut alangkah baiknya jika anda memilih diet kalsium.

Menurut beberapa hasil uji klinis, diet kalsium merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian dalam tubuh karena mampu mempercepat penyerapan zat besi dalam waktu singkat. Maka dari itu, pastikan bahwa mulai sekarang anda sudah menghindari berbagai makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi.


Apakah Anemia bisa memicu terjadinya komplikasi?

Komplikasi akan muncul apabila anemia yang diderita sudah parah dan tidak bisa diobati lagi. Meski begitu, tetap saja kamu harus melakukan pencegahan sejak dini agar anemia yang kamu alami tidak berkembang menjadi lebih buruk. Dibawah ini adalah beberapa komplikasi yang mungkin terjadi pada pengidap anemia.

  1. Adanya infeksi. Kenapa infeksi ini bisa terjadi? Karena terhambatnya asupan zat besi yang terlalu lama dalam tubuh dapat mengiritasi beberapa jaringan, termasuk kelenjar. Seperti yang kita tahu bahwa kelenjar ini adalah satu organ tubuh yang menerima penyerapan zat besi.
  2. Munculnya penyakit stroke. Sama halnya seperti aliran darah yang terhambat, anemia juga dapat menyebabkan munculnya penyakit stroke dikarenakan otak tidak menerima asupan zat besi yang tercukupi sehingga aliran darah ikut terpengaruh.
  3. Terbentuknya anemia kronis. Jika anda sudah memiliki riwayat penyakit anemia, namun masih tetap tidak memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Maka jangan kaget kalau sewaktu-waktu anemia yang diderita berubah menjadi kronis.
  4. Bersifat turun temurun. Penderita anemia cenderung akan mewariskan penyakitnya pada keturunan mereka. Pada kondisi ini, kamu masih bisa melakukan pencegahan dengan cara menerapkan pola hidup sehat supaya kebutuhan zat besi dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik.
  5. Adanya penyakit tertentu. Anemia yang sudah bertahun-tahun tidak boleh dibiarkan karena berpotensi sebagai indikasi dari suatu penyakit tertentu. Berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik yang dapat dilakukan.

Jenis-Jenis anemia yang harus diketahui

Ada beberapa jenis anemia yang harus kamu ketahui supaya ketika anda mengidap anemia bisa memilih penanganan dengan cepat. Jangan anggap penyakit anemia sebagai sesuatu yang biasa karena pada umumnya penyakit kronis terbentuk dari hal kecil yang diabaikan. Ini dia jenis-jenis anemia yang harus diketahui :

  • Anemia defisiensi besi. Merupakan jenis anemia paling umum. Anemia jenis ini muncul akibat sumsum tulang belakang yang mengalami kekurangan zat besi.
  • Anemia defisiensi vitamin. Yakni anemia yang terjadi akibat tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin B-12. Kondisi ini masih bisa dipulihkan dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin B-12 dalam tubuh.
  • Anemia akibat penyakit. HIV/AIDS, rematik, penyakit ginjal dan lainnya merupakan kondisi yang bisa memengaruhi sel darah merah sehingga dapat memicu terjadinya anemia.
  • Anemia hemolitik. Ini adalah keadaan dimana sel darah merah pada sumsum tulang belakang mengalami kehancuran. Jenis lain dari penyakit anemia diantaranya adalah anemia sel sabit, talasemia dan malaria.

Selain dapat berdampak buruk bagi kesehatan organ tubuh lainnya, anemia juga cenderung lebih mudah mengembangkan penyakit, terlebih jika tidak segera diobati dengan cepat. Sebagai pencegahan sejak dini, akan sangat menguntungkan apabila mulai sekarang anda memenuhi kebutuhan zat besi, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk membentuk kembali sel darah merah. Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

Berikut merupakan berbagai makanan lezat yang harus dihindari oleh penderita Anemia. Jika anda tidak mau anemia yang diderita semakin memburuk sebaiknya segera kurangi makanan-makanan di atas dari sekarang. Selalu ingat bahwa kesehatan itu penting dan mencegah juga selalu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Posted By : Agenqnc.com

Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia Makanan lezat Yang Wajib Dihindari Oleh Penderita Anemia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Beli via WhatsApp