Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Cara paling efektif untuk mengatasi mimisan terus menerus,- Sekitar 60% penduduk Indonesia mengidap mimisan yang tak kunjung berhenti meski telah diobati. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk cek cara paling efektif untuk mengatasi mimisan terus menerus disini.

Mimisan atau dalam istilah medis Epistaksis adalah kondisi umum yang sering terjadi secara tiba-tiba akibat adanya infeksi yang menyerang hidung. Flu, batuk dan cedera pada hidung diklaim menjadi faktor utama dari munculnya mimisan pada seseorang. Pada kondisi ringan, mimisan bisa diatasi dengan cara menekan bagian punggung selama 15 menit. Namun apabila sudah parah, kamu harus segera memeriksakan diri agar diberi penanganan terbaik oleh dokter. Mimisan umumnya juga lebih sering terjadi pada anak-anak, namun tak jarang orang dewasa pun kerap mengalaminya.

Pada orang dewasa, mimisan lebih sering muncul akibat benturan, entah itu karena habis main pukul-pukulan atau terkena benturan benda tajam. Yang pasti mimisan tersebut dapat berakibat fatal karena dapat merangsang pertumbuhan daging tidak normal pada rongga hidung. Sedangkan untuk orangtua dan lansia, mimisan sering dikaitkan dengan adanya penyakit darah tinggi.  Semakin lama dibiarkan mimisan yang terjadi secara terus menerus akan lebih berbahaya bagi kesehatan. Apalagi kalau mimisan sudah terjadi secara berulang kali. Alangkah baiknya apabila anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini sebelum mimisan berubah menjadi penyakit paling mengancam nyawa.


Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Mimisan bisa diobati dengan berbagai cara tergantung dari penyebabnya sendiri. Namun dalam pengobatan tradisional, daun sirih seringkali dijadikan solusi untuk mengatasi mimisan. Penggunaan daun sirih untuk mengatasi penyakit sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena bukan baru kali ini saja daun sirih dipergunakan,namun sudah berabad-abad tahun lamanya. Bahkan sering digunakan sebagai bahan utama “nyirih” pada lansia.

Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan mimisan karena didalamnya sudah tersedia zat aktif seperti methyl eugenol dan seskuiterpena. Yaitu senyawa yang bisa menghentikan pendarahan pada seseorang. Di dalam daun sirih juga terdapat kandungan lainnya mulai dari estragol, cadinene, kariofilena serta terpenenna yang mampu mempromosikan terbentuknya aliran darah normal, mencegah infeksi pada hidung dan menghambat pertumbuhan sel tumor supaya tidak menyerang rongga dalam hidung. Minyak esensial dalam daun sirih juga mempunyai peran penting dalam pengobatan mimisan karena mampu memberantas pertumbuhan bakteri, menyembuhkan luka lecet pada kulit bagian dalam hingga mengeluarkan kuman dari dalam hidung. 

Adapun manfaat daun sirih untuk mengatasi mimisan diantaranya adalah mencegah terbentuknya plak dan kerusakan pada jaringan sel dalam hidung. Untuk mengatasi mimisan yang tak kunjung berhenti, anda dapat menggunakan daun sirih dengan cara menyiapkan daun sirih muda secukupnya. Kemudian bersihkan terlebih dahulu untuk meminimalisir penumpukan debu dan kotoran lainnya. Perlu diketahui pada saat mencuci jangan sampai ada daun yang rusak. Setelah itu, gulung daun sirih yang sudah dibersihkan dan saat itu juga bisa langsung disumbatkan pada hidung yang berdarah. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari supaya perdarahan cepat berhenti.

Bagaimana jika terdapat luka lecet dalam organ hidung? Kamu bisa menumbuk daun sirih tersebut hingga halus kemudian terapkan pada bagian dalam hidung. Hati-hati dan jangan terlalu banyak, gunakan secukupnya saja agar luka cepat tertutup dan tidak mengiritasi bagian rongga lainnya.Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus


Sudah Coba Trik di atas tapi mimisan tak berhenti? 

Inilah yang terjadi pada tubuh anda!

Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Tahukah anda bahwa mimisan yang terjadi secara tiba-tiba tidak boleh dibiarkan. Kenapa? Selain dapat mengiritasi lapisan pada rongga hidung juga bisa menjadi salah satu indikasi bahwa anda menderita penyakit serius. Beberapa penyakit cukup berisiko yang ditandai dengan mimisan tidak lain adalah anemia, hepatitis, darah tinggi, sinusitis akut hingga paling mengerikan adalah kanker darah atau leukimiaPenyakit ini terjadi ketika sel kanker menyerang jaringan pembentuk darah termasuk sumsum tulang belakang dan sistem limfatik.

Penderita leukimia akan sering mengalami mimisan secara tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Leukimia juga biasanya akan melibatkan sel darah putih dimana sumsum tulang belakang sehingga memproduksi sel darah putih yang tidak normal. Sebagai pencegahan awal, kamu harus bisa membedakan mana mimisan akibat infeksi dengan mimisan sebagai gejala dari kanker leukimia. Mimisan akibat infeksi biasanya tidak disertai dengan demam dan perdarahan akan berhenti dalam kurun waktu singkat sekitar 2-3 hari.

Sedangkan dalam kasus leukimia, penderitanya akan mengalami mimisan lebih dari tiga hari yang disertai dengan demam atau menggigil, mudah lelah, sering memar, nyeri tulang, berat badan menurun dratis secara tiba-tiba, nafsu makan berkurang, serta mimisan yang berulang dan bintik merah pada kulit. Jika anda mengalami beberapa tanda yang sudah disebutkan barusan, maka segera konsultasi dengan dokter kepercayaan anda.  Dokter biasanya akan menyarankan beberapa jenis pengobatan tergantung dari gejala, penyebab, faktor kesehatan serta usia anda pada saat itu. Ketika leukimia sudah parah dan baru terdiagnosis, maka dokter akan menyarankan anda untuk melakukan kemoterapi.Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Manfaat daun sirih untuk kesehatan lainnya 

Daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya peradangan dan pembunuh kuman alami. Sehingga daun sirih seringkali dijadikan sebagai penetralisir bau tidak sedap pada organ reproduksi wanita. Daun sirih juga sering dimanfaatkan oleh mereka yang mengalami keputihan karena didalamnya terdapat kandungan zat aktif yang bisa membunuh virus penyebab gatal dan ketidaknyamanan pada organ intim.Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Sedangkan pada penderita asma sendiri daun sirih mampu dijadikan sebagai solusi pencegahan paling efektif karena memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kelancaran saluran pencernaan hingga gejala dari asma dapat disembuhkan dengan cepat. Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun sirih adalah bronkitis akut, gatal-gatal, alergi, batuk, sariawan, bisul/jerawat, demam berdarah, sakit gigi, panas dalam, bau mulut serta gusi bengkak.

Nah, itulah cara paling efektif mengatasi mimisan terus menerus. Siapa sangka, mimisan yang dianggap sebagai kondisi kesehatan paling sepele ini ternyata mempunyai dampak cukup serius juga bagi kesehatan. Bahkan sampai menimbulkan penyakit serius. Ini peringatan buat kita, supaya tidak menganggap remeh kalau sewaktu-waktu mengalami mimisan. Mengontrol kesehatan secara berkala setiap satu bulan sekali tampaknya cukup efektif untuk memantau kondisi tubuh. Selamat membaca! Cara Paling Efektif Untuk Mengatasi Mimisan Terus Menerus

Posted By : Agenqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Beli via WhatsApp